Dan.. Hulk pun Bertiwikrama!

Ada yang pernah dengar Tiwikrama? Hmm..kira-kira itu nama apa ya? Nama tempat? Atau nama salah satu tokoh wayang? Apa hubungannya sama tatakrama ya..

Saya benar-benar baru tahu ada kosakata ‘Tiwikrama’ beberapa menit yang lalu, saat lagi asik membaca salah satu artikel di Tempo Edisi ‘Kecap Dapur’, 40 Tahun Tempo. Begini bunyi kalimatnya:

“.. Ada yang bertiwikrama sebagai ‘diaspora’ Tempo di media-media lain. ..”

Artikel di edisi ulang tahun Tempo itu sedang membahas tentang nostalgia, salah satunya menceritakan tentang tokoh-tokoh pendiri majalah itu. Potongan kalimat di atas menceritakan kondisi terkini para pendiri Tempo, apa yang mereka lakukan dan di mana mereka sekarang.

Saya sempat beberapa kali menelusuri kata demi kata di kalimat yang sama, yg mengandung kata aneh tadi untuk mencoba menerka arti ‘bertiwikrama’. Hmm, saya pun mencoba menghubungkan hal-hal yang pernah terekam di kepala saya dengan kata tiwikrama. Ternyata tidak ada memori di otak saya yang bisa dikaitkan dengan kata tersebut (selain muncul muka teman yang bernama Tiwi dan kata ‘Krama’ di ‘Tata Krama’ :p).

Karena masih penasaran, saya mencoba melempar pertanyaan di twitter tentang arti Tiwikrama. Tak lama ada satu pemilik akun twitter, yang saya tidak kenal orangnya, berbaik hati menjelaskan arti kata Tiwikrama:

@asajad: pengerahan segenap tenaga dan pikiran untuk menyampaikan maksudnya;

Oh..ternyata itu toh artinya.. Tapi tak lama kemudian, muncul lagi twit yang menjawab pertanyaan saya:

@mbot: @corysha dr kamus daring “1 pengubahan diri mjd raksasa dsb (dl cerita wayang); 2 pengerahan sgnp tenaga dan pikiran utk menyampai’ maksud”

Wah,ternyata kata yang asing buat saya itu punya dua makna yang berbeda! Pengubahan diri jadi raksasa? Wow, baru tahu kalau bahasa kita punya padanan kata yang menjelaskan proses seperti itu! Tiba-tiba muncul twit lagi yang menjelaskan lebih lengkap cerita tentang proses Tiwikrama:

@sheque: @corysha tiwikrama itu fase yg dialami dewa wisnu saat dia marah berubah mjd raksasa & tak ada yg bs menghentikan –mnrt kepercyaan hindu

Wah, ternyata seru banget arti dari kata Tiwikrama! Saya langsung terbayang tokoh fiksi Hulk yang ketika tidak bisa menahan emosi, ia berangsur-angsur berubah, dari laki-laki biasa, kulitnya menghijau dan badannya menjadi semakin besar dan besar dan besar, hingga menjadi sesosok raksasa hijau yang siap mengamuk. Persis seperti cerita dewa Wisnu di atas, Hulk juga tidak bisa mengendalikan diri atau menghentikan proses perubahannya menjadi raksasa.

Hulk Bertiwikrama

Wah, ternyata apa yang dialami Hulk itu Tiwikrama! Kenapa selama ini saya belum pernah dengar kata ini ya? Kenapa tokoh Hulk begitu populer tapi kata Tiwikrama tidak pernah saya dengar? Apa hanya saya saja yang tidak memperhatikan atau memang selama ini kata Tiwikrama tidak pernah muncul di terjemahan film atau ulasan film Hulk yg populer itu?

Aneh juga rasanya merasa asing dengan kosakata yang berasal dari bahasa yang saya pelajari dan gunakan sepanjang hidup, hehe. Mungkin ini yang terjadi jika ada kesenjangan besar antara penggunaan kata-kata tutur dan kata-kata sastra. Masyarakat Indonesia punya budaya lisan yang kuat tapi budaya menulis dan membaca masih sangat rendah. Mungkin ini yang mempengaruhi, hingga terkesan hanya itu-itu saja kosakata yang sering digunakan dan didengar sehari-hari. Mungkin. Sangat menarik ternyata mengetahui ada kosakata yang kita punya tapi sangat jarang digunakan, sampai hampir tak pernah didengar. Pasti di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau karya-karya sastra, bersemayam jutaan kata menarik yang menunggu untuk digunakan, tapi tak kunjung dilirik. Sayang juga ya..

Reblogged from my multiply post, Mar 10, ’11 2:30 PM

Leave a Reply

