Small Deeds That I Overlook

“Small deeds that I overlook..” Ini sebenarnya petikan lirik dari lagu Native Deen, grup vokal Islam asal Amerika Serikat, yang pertama kali gue denger di TV  beberapa Ramadhan yang lalu. Lagu ini nyeritain tentang betapa banyak hal kecil yang sering dianggap remeh sama banyak orang, tapi sebenarnya bisa punya pengaruh besar buat hidup. Hal-hal kecil, yang kayaknya sepele, dan sebenarnya mudah banget untuk kita lakukan, tapi sering kita lewatkan. Hal-hal sepele yang padahal kalau kita lakukan, bisa sangat membantu buat orang lain, dan bawa berkah buat kita, atau mungkin dengan bahasa lain: nambah tabungan ‘good karma’  kita. Kebaikan-kebaikan kecil: sekedar negur atau nanya, ketika kita lihat ada mobil orang mogok di jalan; pungut pecahan kaca atau beling yang kita lihat di jalan yang kita lewatin; atau sekedar ngasih senyum yang tulus ke orang yang berpapasan sama kita.

Kalau dipikir-pikir lagi, ternyata memang banyak hal sehari-hari yang kelihatan sepele, tapi ternyata dampaknya besar. Misalnya, buat kesehatan: minum air putih yang cukup. Pasti banyak yang punya pikiran: “Iya, gue tau..minum air putih bagus buat kesehatan..” Tapi kenyataannya, sehari-hari, banyak dari kita yang nyepelein, dan nggak terlalu peduli untuk minum air putih yang cukup. Termasuk gue dulu, sebelum ngeh sepenting apa minum air putih buat kesehatan–dan sekarang pun kadang masih suka kelupaan sih. Keasikan kerja, melototin monitor, main gadget, terlalu malas buat bolak-balik ngambil air dari dispenser, dll (Kalau buat gue, solusi mengatasi kemalasan mondar-mandir ambil air minum adalah bawa tempat minum yang besar ke mana-mana :p) Banyak juga yang merasa lebih penting meluangkan waktu buat minum kopi atau soda, supaya dapet suntikan energi–padahal minuman berasa dan berwarna nggak bisa efektif menggantikan cairan tubuh. Minum air putih cuma sekedarnya, buat ngilangin haus. Kalau nggak haus? Ya nggak minum.

Padahal kalau ditanya, semua tahu kalau kita ini makhluk yang tubuhnya sebagian besar terdiri dari air. Menurut artikel-artikel sih sekitar 75 persen tubuh kita terdiri dari air. Logikanya, badan kita butuh pasokan air putih yang cukup setiap hari, supaya kerja organ-organ dan sistem organ tubuh bisa lancar. Peredaran darah nggak seret, sendi-sendi terlumaskan dengan baik, kerja ginjal lebih gampang buat menyaring racun, dll. Bahkan ada pendapat yang bilang kalau sakit kepala sehari-hari kayak migrain, sebagian besar masalah utamanya karena dehidrasi akibat kurang minum. Sudah banyak ahli kesehatan yang koar-koar di berbagai artikel atau di TV ngingetin tentang pentingnya air putih yang cukup buat kesehatan tubuh. Banyak penyakit yang muncul, ternyata berakar dari kebiasaan kurang minum air putih yang cukup sehari-hari.

Pernah nggak merasa gaji atau penghasilan terlalu sedikit? Nggak pernah bisa nyimpen uang, uang sudah habis duluan padahal tanggal gajian masih jauh? Atau, ketika gaji sudah naik, tetap juga merasa kurang?  Suatu hari, ada acara di TV menampilkan seorang perencana keuangan yang berusaha memecahkan masalah kayak gini. Ada seorang penonton yang terpilih, bisa mengkonsultasikan masalah keuangannya ke perencana keuangan ini. Si penanya merasa gajinya terlalu kecil, dia cuma buruh, tiap bulan gajinya Rp2,5 juta. Karena itu dia kewalahan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya: istri dan satu anaknya. Setelah keuangannya ditelisik, ternyata ada kebocoran kecil yang seperti sepele tapi berperan besar: uang jajan anak. Ternyata mas penanya ini punya kebiasaan memberikan uang jajan ke anaknya yang masih kecil. Sedikit-sedikit, setiap hari, tapi ternyata setelah dihitung, sebulannya bisa makan porsi yang besar dari kue gajinya.

Intinya, tahu dan ngeh, atau sadar, itu sesuatu yang berbeda. Kita tahu, tapi kita nyepelein, mungkin itu artinya kita belum ngeh, belum sadar, belum paham. Kalau kata bang Idin, ‘rektor Universitas Kali Pesanggrahan, jurusan Ilmu-ilmu paham’, salah satu nara sumber Kick Andy: “Orang pintar belum tentu paham, orang paham sudah tentu pintar”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s