Harga BBM Bakal Naik! Yuk Siap-Siap..

image

Senin malam kemarin DPR mengesahkan UU APBN-P 2013, yang berarti dalam waktu dekat BBM pasti akan naik, dan pastinya bakal disusul dengan naiknya harga-harga kebutuhan lain. Sementara penghasilan kebanyakan orang belum tentu naik. Waduh, gimana nyiasatinnya supaya ga terseok-seok dari bulan ke bulan nih..

Di 8-11 Show, Metro TV, Selasa pagi, ada perencana keuangan dari QM Financial, Muhammad Teguh, membagi tips bagaimana menata keuangan untuk mengantisipasi kenaikan BBM. Ini beberapa tipsnya:

-Ketahui Kebutuhan-Kebutuhan Pokok yang Prioritas
Cermati mana saja pengeluaran yg wajib dan urgent. Saran dari Teguh, ketika ambil uang dari ATM jangan sekaligus untuk keperluan sebulan, tapi ambil untuk kebutuhan seminggu-seminggu. Minggu pertama ambil uang utk keperluan prioritas: Bayar istrik, air, SPP anak, cicilan hutang, dan kebutuhan makan transportasi untuk seminggu. Ambil uang di ATM juga sebaiknya pada hari Senin pagi, jangan kalau Jumat sore atau wiken, karena wiken orang cenderung lebih konsumtif, bisa-bisa cuma dua-tiga hari lagi..

-Tutup Bocor Halus Pengeluaran
Perhatikan dan kurangi kebocoran-kebocoran kecil pengeluaran yg sebenarnya tidak urgent, seperti pengeluaran untuk lifestyle, seperti kurangi frekuensi makan di luar dan nongkrong, tekan biaya komunikasi dengan manfaatkan paket-paket promo provider, dan kurangi rokok. Ada yg ngaku ga punya uang tapi rokok bisa 1 bungkus sehari, padahal uangnya bisa untuk nambahin kebutuhan lain. (Berarti ini waktu yg tepat buat ngurangin atau berhenti ngerokok! :p).

-Restrukturisasi Utang
Banyak cicilan utang seperti cicilan KTA atau kartu kredit yg cicilannya bulanannya tinggi, karena skema jangka waktu utangnya pendek. Salah satu cara untuk meringankan cicilan bulanan, bisa coba alihkan utang ke skema yg jangka panjang, jadi jumlah cicilan bulanan bisa lebih kecil. Bunga utangnya bisa sama atau lebih tinggi sedikit tapi bisa meringankan cicilan yg harus dibayar tiap bulan. Tapi ingat, jangan gali lobang, tutup lobang dengan berhutang..

-Cari Penghasilan Tambahan
Buat yg ga mau ngurangin pengeluaran lifestyle, boleh-boleh aja kata Teguh, tapii harus punya atau cari penghasilan tambahan. Gali potensi yg bisa mendatangkan income atau bisa lebih memajukan karir kita. Jangan terjebak comfort zone. Setiap orang pasti punya potensi yg bisa digali dn mendatangkan uang, asal jangan pasrah-pasrah aja dan mau berusaha. (Ini nih yg gampang-gampang susah!)

Bagaimana untuk profesi yg penghasilannya tidak menentu?
Pertama coba data dulu berapa pendapatan rata-rata tiap bulan. Berapa jumlah yg paling minim penghasilan sebulan,dan bandingkan dengan pengeluaran. Misalnya pendapatan sebulan minimal 90, berarti pengeluaran harus dilock 80, atau ya tidak lebih dari 90 sebulan, ga boleh lebih, harus disiplin. Kl dapat lebih di bulan berikutnya, misalnya 150, sisanya ditabung, kl untuk cadangan kalau-kalau di bulan-bulan mendatang penghasilan lebih kecil dari 90.

Pesan dari Muhammad Teguh, jangan sampaai kita berhutang untuk menutup kebutuhan sehari-hari apalagi untuk pengeluaran life style, apalagi dengan hutang jangka pendek yg bunganya tinggi dan cicilannya tinggi, seperti kartu kredit..

One response to “Harga BBM Bakal Naik! Yuk Siap-Siap..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s