Galau dan Resolusi Tahun Baru

Barusan abis download Audio kultum dan tafsir surat2 Al Quran by Pak Quraish Shihab. Dari dulu selalu suka denger ceramah pak Quraish, menyejukkan dan mencerahkan. Paparan pak Quraish selalu membuat gw ngeliat Islam sebagai agama yg indah.

Barusan dengernya ttg tafsir surat Al Balad (Negeri), inti isinya antara lain menceritakan kalau semua manusia itu pasti mengalami keresahan dalam hidupnya. Nggak ada manusia yg hidupnya selalu senang, mau orang kaya sekalipun. Ini kynya pas banget, banyak orang yg suka galau (nama gaulnya resah :p) kynya belakangan, ahaha..apalagi pas taun baru gini, galau dan mungkin ada yang hampir putus asa soalnya resolusi taun baru dari taun ke taun kemaren kynya banyakan yg gagalnya drpd yg berhasil xD

Kata Pak Quraish di surat Al Balad dijelasin gimana cara melepaskan diri dari keresahan-keresahan dan mencapai tempat yg lebih baik. Antara lain yaitu dengan mendaki jalan yg sukar, membantu orang lain lepas dari belenggu: membebaskan budak dari perbudakan, memberi makan org yg kelaparan, membantu anak yatim dan orang miskin yang sangat fakir, dan saling berpesan dan saling mengingatkan utk berbuat baik dan sabar.

Surat ini jg menunjukkan kalau Islam itu agama yg bukan cuma mementingkan hubungan individu dengan Tuhannya tp jg memerintahkan manusia saling membantu sesama utk meringankan beban satu sama lain..

Gw selama ini termasuk orang yg jarang ngaji, mengkaji ataupun sekedar baca Al Quran. Ga pernah ikut lagi pengajian rutin kayak jaman kecil dulu. Walaupun solat tiap hari, tapi kalo solat  surat yg dibaca ya itu-itu aja, sering kurang khusyuk dan ga merhatiin apa yg diomongin sama mulut sendiri pas lagi solat.

Kalau liat sahabat-sahabat yg kristen, yang pada rajin-rajin baca kitab suci, baca renungan harian, dan selalu fokus ibadah tiap hari Minggu, kadang suka merasa malu sendiri. Kok gw jarang banget meluangkan waktu buat mengenal ajaran agama sendiri.. Paling sekali-kali doang kalo lagi eling, dan itu pun jarang banget.

Kayanya ini harus dijadiin #resolusi2014, setidaknya setiap Jumat mau lebih niatin diri buat baca-baca ataupun denger kajian tentang agama dan nyari tau maknanya dll, walaupun cuma dari kuliah tujuh menit dan dari hape. Masa iya cuma beberapa menit doang ga bisa meluangkan waktu..pasti bisaa..cemungud!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s