Kenapa “Selamat Hari Kartini” ?

image

Ada salah satu teman ngepost hal ini di FB. 

image

Pertanyaan kritis, yg juga udah banyak dipertanyakan dan dibahas orang-orang.

Tapi walaupun udah banyak yg pertanyakan dan bahas di internet dll, tetap jauh lebih banyak yg ngucapin “Selamat Hari Kartini”, tanpa tau kenapa nama Kartini saja yg jadi besar sebagai tokoh emansipasi perempuan di nusantara. Padahal banyak sosok perempuan lain yang lebih dulu dari Kartini atau yang ga kalah hebat, atau bahkan perannya jauh lebih besar dari Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan di nusantara.

IMHO (in my humble opinion), ini salah satu bukti dan gambaran kalau sebagian besar masyarakat Indonesia (termasuk gw), ga terbiasa dan ga dididik untuk berpikir kritis di lingkungan keluarga, masyarakat ataupun di bangku sekolahan (well mgkn kl sekolahnya yg udah kurikulum internasional beda kali ya).

Jadi sepertinya momen hari Kartini ini bisa jadi pengingat akan dua hal: bahwa perempuan di Nusantara, atau sekarang Indonesia, itu hebat dan kuat, gak cape-cape untuk terus berjuang buat bisa dapat kesempatan sama untuk mengembangkan diri; dan bahwa buat bisa berpikir kritis itu juga suatu perjuangan tersendiri buat sebagian besar orang Indonesia :p

Anyway, Selamat Hari Kartini, Cut Nyak Dien, Rohana Kudus, Dewi Sartika, Christina Marta Tiahahu, dan Wanita Hebat Nusantara lainnya!

One response to “Kenapa “Selamat Hari Kartini” ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s