Tulisan yang Ngademin di Tengah Panasnya Situasi Jelang Pilpres

Makin dekat dengan Pilpres, situasi makin panas di mana-mana, ga di media massa, sosial media: facebook, twitter; sampe ke grup-grup messenger di hape orang-orang dan di meja-meja warung kopi sampe meja makan di rumah-rumah. Bahkan denger-denger ada yg sampe kesel-keselan beneran di dunia nyata hanya karena dukung capres yg berbeda..

Yg bikin prihatin, ada orang-orang Islam yg mencurigai bahkan menuding salah satu capres sebagai musuh Islam dan ancaman pada Islam.. Dengan gampangnya percaya pada omongan-omongan orang, dan merujuk ke tulisan-tulisan di internet, yg kerap pakai cara-cara ga sesuai dengan nilai Islam untuk menjatuhkan salah satu capres, menebar kebencian berdasarkan hal yg belum pasti kebenarannya. Gencar menyorot fakta yg miring salah satu capres, dan mengabaikan fakta bahwa capres yg satu juga punya fakta yg juga berkaitan dengan hal yang sama.. Ga peduli lagi dengan apakah argumen yang digunakan, benar berdasarkan fakta, atau baru sekedar asumsi, seolah-olah semuanya berdasarkan fakta yang ga terbantahkan dan ga boleh dipertanyakan lagi. Bahkan sampai ada juga ulama yg mengeluarkan pernyataan haram memilih capres tertentu..

Selama ini saya cukup gerah dengan orang-orang yang memilih dukung salah satu capres dan memandang rendah capres lain, dengan alasan seolah-olah membela agama..karena sudah termakan isu-isu yg bawa-bawa ancaman pada agama. Saya jauh lebih respect jika orang memilih mendukung salah satu capres, mau yang nomor urut satu atau dua, karena melihat dari rekam jejak, dan visi misinya.

Barusan nemu tulisan yg bagus banget dari timeline di twitter, yang bisa jd pengingat  untuk kita semua, supaya ga tergelincir ikut menggunakan cara2 yg ga baik utk dukung siapapun capres pilihan kita, ga gampang terhasut omongan dan tulisan ga jelas, yg berpotensi menebar kebencian dan kecurigaan, dan mendorong supaya kita memberikan dukungan dengan alasan yang lebih cerdas. Tulisan yang ngademin, di tengah situasi panas jelang pilpres yang bikin kita semua gerah:

http://www.raharjo.org/kang-jokowi-tidak-layak-jadi-presiden.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s