Revolusi Kebiasaan Makan! :D

image

Selama ini orang di rumah sekeluarga, termasuk bokap dan nyokap yg orang minang, sebenernya pada suka makan lalapan sayur mentah sm masakan ikan-ikanan. Tapi tiap hari dari dulu kayak udah template dan kebiasaan, yg pasti ada dimasak di rumah itu goreng2 balado (seringnya ikan sih) dan masakan minang lain, atau beli jadi rendang dan gulai2. Nyetok lalapan kalo inget doang, ga tiap hari ada (untungnya kalo buah udah lumayan lama hampir selalu distok di rumah).

Nah, kemarin gw baca-baca lagi bukunya Hiromi Shinya, The Power of Enzyme, yg sebenarnya udah lama dibeli, tapi baru dibaca sekedarnya. Intinya, menurut Hiromi Shinya, dokter bedah yg juga guru besar kedokteran di AS, makanan yg lebih diperlukan badan itu sebenarnya buah-buahan dan sayur-sayuran yg nggak dimasak, karena masih bnyak enzimnya (enzimnya ga rusak dg proses pemanasan spt dimasak).  Sementara protein hewani harusnya porsinya lebih dikit, karena sebenernya cenderung lebih susah dicerna juga dibanding protein nabati. Terus, protein hewani yg lebih bagus dan kandungan nutrisinya baik, itu ikan2an. Katanya sih, selain ikan banyak nutrisi baiknya dan mengandung asam lemak tak jenuh, hewan-hewan yg suhu tubuhnya lebih panas, kayak sapi ayam gitu-gitu, lemaknya gampang beku di aliran darah. Sementara kalau lemak dari ikan nggak, jadi ga berpotensi nyumbat aliran darah.

image

Ohiya, terus di buku ada juga dibahas betapa buruknya makanan yg digoreng buat kesehatan tubuh. Selain nutrisi dan enzim dari makanannya sebagian besar udah ilang, makanan teroksidasi saat digoreng. Kalo dimakan rutin, bisa bikin jumlah radikal bebas meningkat dan numpuk di dalam tubuh. Sementara radikal bebas itu lah yg bisa ngerusak DNA dalam sel tubuh, jadi kalau jumlahnya terlalu banyak di tubuh, bisa nyebabin kanker dan masalah kesehatan lain. Ya kalo sesekali ga apa-apa, tapi kalo rutin dan mendominasi menu makanan sehari-hari itu yg bisa berpengaruh buruk buat kesehatan.

Terus tadi malem gw cerita-cerita ke orang rumah, termasuk si mba Binem (asisten rumah tangga), ttg makanan sehat di buku ini. Gw juga bikin catatan sedikit tentang makanan apa aja yang bagus buat kesehatan, dan gw tempel di kulkas. Eh, tadi pagi si mba langsung lincah belanja sesuai arahan xD Yaay..

Dan menu makan siang hari ini jd lumayan sehat, bunch of veggies lalapan, dan sambel terasii, tambah jagung rebus buat alternatif karbohidrat yg lbh berkualitas daripada nasi putih, terus lauknya ikan asam padeh, alternatif masakan minang yg paling sehat, karena ikan, ga digoreng dan ga pake santen..😀 (tapi msh ada yg digoreng dikit sih, tahu sama perkedel, si adek pgn perkedel soalnya ahaha)

Makan siangnya enak banget! Siapa bilang makanan sehat selalu ga enak? :p Dan pilihan makanan yg sehat jg ga selalu harus mahal dan impor-impor, tinggal kita lebih niat cari tau dan menilik sedikit aja bahan makanan yg biasa ada di pasar, mana aja yg bagus kandungan nutrisinya..

Seneng deh orang rumah pada supportif, jd lebih semangat.. mulai sekarang mau lebih niatin lagi ah ngerubah kebiasaan makan sekeluarga pelan-pelan ah..😀

PS
-Mulai kebiasaan makan lebih sehat dengan selalu nyetok sayur lalapan, buat makan sehari-hari
-Supaya sisa residu pestisida hilang, sayur dan buah bisa dicuci dan direndam sama air yg dicampur cuka apel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s