Meneladani Nabi Daud Menghadapi Cobaan Dan Perselisihan (Tafsir Al Misbah QS Shaad 38: 17-24)

Melalui Quran Surat Shaad, ayat 17-24 Allah memberikan firman pada Rasulullah SAW bagaimana menghadapi permasalahan melalui keteladanan akhlak nabi Daud AS. Nabi Daud adalah salah satu nabi yang paling taat dan diberikan berbagai keistimewaan oleh Allah, seperti kesabaran dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan permasalahan atau perselisihan.

 

017
“Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami Daud, yang mempunyai kekuatan; sesungguhnya dia amat taat (kepada Allah).” – (QS.38:17)

اصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَاذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُدَ ذَا الأيْدِ إِنَّهُ أَوَّابٌ

Ashbir ‘ala maa yaquuluuna waadzkur ‘abdanaa daawuda dzaal aidi innahu au-waabun

Ayat ini ditujukan pada nabi Muhammad, dalam menghadapi penghinaan orang-orang, agar sabar dan tabah, seperti nabi Daud. Quran mengajarkan kisah-kisah terdahulu agar mengambil pelajaran. Allah jg menyampaikan pada Muhammad bagaimana nabi terdahulu. Nabi Daud dikatakan sebagai pemilik banyak tangan, ada yg mengartikan tangannya terampil, ada jg yg mengatakan dermawan, sangat dermawan.

Au-waab, itu kembali pada Allah, tapi au-waab maknanya lebih dari bertobat. Bisa jadi bukan kembali dari kesalahan dalam bidang agama tapi moral. Dalan Quran, dibolehkan orang membalas makian asal cuma sekali. Tapi kalau orang yg mulia hatinya, menjawab makian orang dia anggap buruk, walaupun Sebenarnya dibolehkan. Kalau dia melakukan keburukan itu, dia kembali pada Tuhan, menyesal, walaupun sebenarnya dibolehkan. Nabi Daud seperti itu, Au-waab. Jadi kesalahan yg Sebenarnya bisa ditolerir, tapi dirasa sebagai keburukan, dia akan menyesal.

018

“Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung, untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi,” – (QS.38:18)

إِنَّا سَخَّرْنَا الْجِبَالَ مَعَهُ يُسَبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَالإشْرَاقِ

Innaa sakh-kharnaal jibaala ma’ahu yusabbihna bil ‘asyii-yi wal-isyraaq(i)

Menundukkan gunung Dan gunung bertasbih? Apa maksudnya? Memang gunung berucap tasbih? Allah berkata, kami menundukkan gunung, sehingga gunung bertasbih bersama Daud. Ada disebutkan kalau yg hidup sebenarnya bukan hanya manusia, tumbuhan dan yang lainnya juga hidup dan bisa merasa. Salah satu yg bisa Kita lihat bahwa tumbuhan bisa merasa, adalah tumbuhan putri malu. Tumbuhan pun disebutkan bertasbih pada Allah. Kata Quran segala sesuatu bertasbih pada Allah, tapi seperti apa, itu di luar nalar manusia. Wallahualam.

 

019

“dan (Kami tundukkan pula bagi Daud,) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masingnya amat taat kepada Allah.” – (QS.38:19)

وَالطَّيْرَ مَحْشُورَةً كُلٌّ لَهُ أَوَّابٌ

Wath-thaira mahsyuuratan kullun lahu au-waabun

 

020

“Dan Kami kuatkan kerajaannya, dan Kami berikan kepadanya hikmah, dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan.” – (QS.38:20)

وَشَدَدْنَا مُلْكَهُ وَآتَيْنَاهُ الْحِكْمَةَ وَفَصْلَ الْخِطَابِ

Wasyadadnaa mulkahu waaatainaahul hikmata wafashlal khithaab(i)

Salah satu disebut bagaimana Allah mengukuhkan kerajaannya, nabi Daud, Quran menyebut kami berikan hikmah. Hikmah itu digunakan dalam arti kendali. Kalau Mobil, Kita mau lurus, lurus, mau ke kanan Kita gunakan kendali ke kanan, dst. Dari sini, hikmah itu adalah kemampuan ilmiah dan amal, serta ilmu amaliah. Anak kecil tahu tentang setir tapi tidak bisa mengarahkan. Hikmah itu tahu Dan bisa menggunakannya secara ilmiah. Hikmah itu kemampuan mengetahui yg benar Dan yg salah Dan kemampuan mengendalikannya untuk melakukan Hal yg benar.

Daud diberikan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan Dan menyampaikan sesuatu yg luas dengan sesuatu yg singkat, bisa menyampaikan sesuatu tapi tidak bertele-tele.

(?) Bagaimana kita bisa mendapatkan kemampuan pengendalian hikmah?
Olah jati diri kita. Manusia tercipta dari jasmani Dan rohani, punya Hati Dan akal, olah itu. Olah akal, belajar yg baik, tuntut ilmu. Olah hati dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Kalau itu dilakukan, Kita bisa mendapatkan hikmah, dapat menyinari hidup dengan kebenaran Illahi, karena kebenaran itu bersumber dari Allah.

Orang yg hatinya bersih, dia akan gunakan ilmunya untuk kebaikan. Ilmu tanpa iman bagaikan kompas di tangan bayi. Iman tanpa ilmu bagaikan senjata di tangan pencuri.

Semua orang pernah melakukan kesalahan dan dosa. Nabi Daud pun seperti itu, makanya dia kembali, au-waab. Karena itu nabi Daud menyadari, tidak ada orang yg tanpa dosa. Nabi-nabi pun pernah berdosa, nabi Ibrahim pun mengaku pernah berdosa. Yang paling penting adalah bagaimana Kita segera kembali kepada Tuhan setelah Kita berbuat kesalahan atau berdosa.

(?) Bagaimana kita kembali ke jalan Allah setelah salah arah atau berdosa?
Sangat mudah, karena sebenarnya sebelum kita kembali, Allah sudah memperingatkan dan mengajak kita kembali. Jika kita bersalah pada seseorang, kita ragu apakah dia mau memaafkan atau tidak. Tapi kalau dia mengajak kita untuk bersama-sama kembali, akan lebih mudah meminta maaf. Allah seperti itu. Siapa yg ingin kembali pada Tuhan, Tuhan sebenarnya sudah sejak awal mengajaknya kembali padaNya.

Allah berfirman, siapa yg mendatangiku dengan berjalan kaki, aku akan datang padanya dengan berlari. Yg dibutuhkan adalah kemauan kita untuk menemui Tuhan. Sadar kalau Kita salah, kalah Kita menyesal Dan ingin kembali. Yg menakjubkan kalau seandainya kita berbuat salah dan dosa lagi, dan ingin kembali, Allah akan menyambutnya lagi, asal kita tulus. Ada ungkapan, salah satu sifat Allah Maha Pengampun, seandainya manusia tidak berdosa, sifat tersebut tidak akan terlihat. Allah sangat senang dengan orang yg bertobat padanya.

Dilukiskan oleh nabi, ada seseorang yg berjalan di padang pasir, ketika bangun tidur untanya hilang, dicari tidak ketemu. Tiba-tiba untanya datang. Saking gembiranya orang itu salah ngomong, Allah engkau hambaku, aku Tuhanmu. Nah, Allah lebih gembira dari orang itu, jika Ada hambaNya yg bertobat Dan kembali padaNya.

 

021

“Dan adakah sampai kepadamu, berita orang-orang yang berperkara, ketika mereka memanjat pagar.” – (QS.38:21)

وَهَلْ أَتَاكَ نَبَأُ الْخَصْمِ إِذْ تَسَوَّرُوا الْمِحْرَابَ

Wahal ataaka nabaul khashmi idz tasau-waruul mihraab(a)

Apakah belum sampai padamu Muhammad, berita yg demikian penting, Ketika Ada Dua orang berselisih, memanjat istana nabi Daud Dan melompat masuk ke ruang tamunya. Mihrab salah satu artinya ruang tamu, ruang yg luas.

022

“Ketika mereka masuk (menemui) Daud, lalu ia terkejut, karena (kedatangan) mereka. Mereka berkata: ‘Janganlah kamu merasa takut; (kami) adalah dua orang yang berperkara, yang salah seorang dari kami berbuat zalim kepada yang lain; maka berilah keputusan antara kami dengan adil, dan janganlah kamu menyimpang dari kebenaran, dan tunjukilah kami ke jalan yang lurus.” – (QS.38:22)

إِذْ دَخَلُوا عَلَى دَاوُدَ فَفَزِعَ مِنْهُمْ قَالُوا لا تَخَفْ خَصْمَانِ بَغَى بَعْضُنَا عَلَى بَعْضٍ فَاحْكُمْ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَلا تُشْطِطْ وَاهْدِنَا إِلَى سَوَاءِ الصِّرَاطِ

Idz dakhaluu ‘ala daawuda fafazi’a minhum qaaluuu laa takhaf khashmaani bagha ba’dhunaa ‘ala ba’dhin faahkum bainanaa bil haqqi walaa tusythith waahdinaa ila sawaa-ish-shiraath(i)

 

Nabi Daud takut melihatnya, kok mereka bisa melewati penjaga-penjaga. Mereka bilang Jangan takut, kami adalah orang yg berselisih, saling menganiaya satu sama lain. Berikanlah kami keputusan yg Adil.

Wajar tidak nabi Daud takut? Wajar. Tapi di bahasa Arab takut itu bermacam-macam. Kalau kita takut hujan, siapkan payung, takut tidak Lulus, siapkan diri dengan belajar, takut singa, Kita menghindar. Kalau takut dengan Tuhan? Apakah Kita menghindar? Tidak menghindad, tapi justru mendekat. Nabi-nabi itu takut pada Allah, karena itu mereka mendekat pada Allah. Ada takut, disertai dengan kekaguman, mungkin seperti Kita melihat kiai yg kharismatik atau presiden. Nabi Daud takut, tapi ketakutannya mendorong dia introspeksi dan berusaha menghilangkan rasa takut.

(?) Apa yg Kita lakukan kalau mendapat cobaan dari Allah?
Pertama introspeksi, mengapa cobaan itu terjadi. Hal negatif yg terjadi bisa karena kesalahan Kita, bisa jadi juga bukan karena kesalahan Kita. Tapi cobaan itu adalah jalan untuk kemaslahatan Kita.

Contoh, Ada orang tertabrak Mobil, kakinya patah, harus dioperasi. Sebelum dioperasi, harus diperiksanya darah. Setelah diperiksa, ternyata dalam darahnya Ada penyakit tertentu, sehingga harus dioperasi bukan hanya di kakinya. Kecelakaan yang terjadi padanya adalah jalan untuk kemaslahatan dia.

Kalau anda merasa tidak Ada Salah, terimalah. Bisa jadi cobaan itu jalan dari Allah untuk mengingatkan Kita. Setelah menerima, Dan mengakui kesalahan, bersyukurlah Dan percaya pasti ada hikmah di balik cobaan ini.

(?) Sebetulnya cobaan itu termasuk ujian atau azab?
>Bisa menyangkut ujian, bisa menyangkut siksa, bisa menjadi cara Tuhan untuk meningkatkan derajat kita di sisiNya.

(?) Dalam dunia kerja kita kadang harus memimpin, kadang Kita harus mengambil keputusan yang kurang menguntungkan, apa sikap nabi Daud yg bisa diteladani dalam mengambil keputusan yang bijak di saat situasi tidak menguntungkan?
>Ada Dua sifat Tuhan, keadilan sempurna, Ada Qus. Kita menetapkan sesuatu sesuai dengan hak yang bisa jadi tidak diterima orang lain. Ada orang mencuri Kita beri hukuman, hukuman itu Adil, tapi belum tentu diterima. Dua anak Kita berebut mainan, Kita bisa bilang, itu mainan punya adik kembalikan. Atau bisa juga, Kita bilang ke kakaknya, berikan mainan itu ke adik, nanti kakak dibelikan mainan lain, keduanya akan senang. Itu yang dinamakan Qus (? CMIIW), Allah memiliki sifat ini. Ambilah keputusan yang membuat semua orang senang, tapi kalau tidak bisa tidak apa-apa. Ambilah keputusan yg tidak menyimpang.

 

023

“Sesungguhnya, saudaraku ini mempunyai sembilan puluh sembilan ekor kambing betina, dan aku mempunyai seekor saja. Maka ia berkata: Serahkanlah kambingmu itu kepadaku, dan dia mengalahkan aku dalam perdebatan’.” – (QS.38:23)

إِنَّ هَذَا أَخِي لَهُ تِسْعٌ وَتِسْعُونَ نَعْجَةً وَلِيَ نَعْجَةٌ وَاحِدَةٌ فَقَالَ أَكْفِلْنِيهَا وَعَزَّنِي فِي الْخِطَابِ

Inna hadzaa akhii lahu tis’un watis’uuna na’jatan waliya na’jatun waahidatun faqaala akfilniihaa wa’azzanii fiil khithaab(i)

 

024

“Daud berkata: ‘sesungguhnya dia telah berbuat zalim kepadapmu, dengan meminta kambingmu itu, untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya, kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu, sebagian mereka berbuat zalim kepada sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman, dan mengerjakan amal yang shaleh; dan amat sedikitlah mereka ini’. Dan Daud mengetahui, bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Rabb-nya, lalu tersungkur sujud dan bertaubat.” – (QS.38:24)

قَالَ لَقَدْ ظَلَمَكَ بِسُؤَالِ نَعْجَتِكَ إِلَى نِعَاجِهِ وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ الْخُلَطَاءِ لَيَبْغِي بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَقَلِيلٌ مَا هُمْ وَظَنَّ دَاوُدُ أَنَّمَا فَتَنَّاهُ فَاسْتَغْفَرَ رَبَّهُ وَخَرَّ رَاكِعًا وَأَنَابَ

Qaala laqad zhalamaka bisu’aali na’jatika ila ni’aajihi wa-inna katsiiran minal khulathaa-i layabghii ba’dhuhum ‘ala ba’dhin ilaal-ladziina aamanuu wa’amiluush-shaalihaati waqaliilun maa hum wazhanna daawudu annamaa fatannaahu fa-astaghfara rabbahu wakharra raaki’an wa-anaab(a)

Memang kata nabi Daud banyak manusia yang ingin menang sendiri. Sikap nabi Daud yang langsung menyatakan satu pihak yang bersalah, ini tidak tepat. Allah mengingatkan agar jangan putuskan sesuatu jika belum mendengar dari pihak lain. Yang mengadu belum tentu benar. Nabi Daud pun sadar dan beristigfar pada Allah.

Sering kali seseorang tidak menyadari kesalahannya. Apa yang bisa menyadarkan? Keadaan kadang bisa menyadarkan kesalahan, seperti pencuri atauatau koru yang ditangkap, keadaan itu bisa mengingatkannya akaa kesalahan. Selain itu, jika ingin diingatkan dari kesalahan, carilah teman yang baik yang bisa mengingatkan kita jika kita berbuat kesalahan. Carilah juga bacaan yang baik, dll.

Kesimpulan
1.Nabi Daud sangat taat pada Tuhan dan selalu kembali pada Tuhan, karena itu ibadahnya luar biasa. Allah memberinya kerajaan dan keistimewaan-keistimewaan. Dia dianugerahi memiliki kekuatan pribadi pintar menyelesaikan perselisihan, terampil, selalu mencari keadilan, dll. Nabi Daud juga diberi keistimewaan situasi di sekitarnya selalu membuatnya mengingat Allah, sampai gunung Dan burung-burung pun bertasbih bersamanya. Tapi sebagai manusia nabi Daud juga pasti memiliki kesalahan, karena itu ia diberi peringatan, dan ia pun kembali kepada Allah.

2.Betapapun orang bersengketa, jangan putuskan hubungannya, karena semua orang bersaudara.

3.Jangan memutuskan perkara sebelum jelas duduk perkara dari yang menuntut dan yang dituntut.

4.Tidak seorang manusiapun yg luput dari kesalahan tapi Allah Maha Pengampun Dan menerima pertaubatan.

 

*Tulisan ini catatan dari program Tafsir Al Misbah oleh Pak Quraish Shihab, tayang  Kamis, 24 Mei 2018, di Metro TV. (Mohon maaf kalau ada keliru Dan kesalahan 🙏)

Advertisements

Ketika Rasy Demam


Kemarin lusa, Rasy (2 tahun, lima bulan) demam dari sore. Malamnya badannya panas sampai 38 derajat Celsius, dan tengah malam kebangun terus sambil nangis. Tapi alhamdulillah dari jam 2 pagi dia udah bisa tidur terus sampe pagi, setelah sebelumnya seharian badannya bolak-balik dibalurin minyak telon campur irisan bawang merah. 

Tadinya, dari sore pas Rasy mulai rewel dan lemes, opa omanya Rasy nyuruh gw langsung kasih obat penurun panas dan bawa Rasy ke dokter biar dikasih obat, karena ga tega liat Rasy lemes dan rewel. Tapi dari info-info kesehatan yg pernah gw baca dan nanya ke dokter, katanya anak demam itu biasa dan itu adalah respon antibodinya ngelawan virus atau penyakit. Tubuh otomatis naikin suhu badan, biar bisa melawan virusnya. Kalo dikasih obat penurun panas, justru malah bisa mengganggu kerjanya si antibodi. 

Kapan sebaiknya bawa anak ke dokter? Katanya sih sebaiknya dibawa ke dokter kalau masih demam selama 72 jam, atau demamnya lebih dari 38,5 derajat Celsius. 

Setelah semalaman demam, Sabtu siangnya Rasy udah ga panas lagi dan mulai cerewet lagi (cuma masih belum terlalu mau makan sih) alhamdulillaah.. Belum sempat dikasih obat dan dibawa ke dokter udah hilang demamnya. Semoga cuma masuk angin biasa atau cold fever biasa ya Rasy.. Semoga abis ini antibodinya tambah setrong dan sehat terus ya, Nak! 💪

Lindungi Anak Kita dari Ancaman Kejahatan Seksual! 

https://www.google.com/amp/s/m.tempo.co/amphtml/read/news/2017/03/21/063858093/kasus-loly-candys-aktivis-tolak-sebut-pelaku-dengan-pedofil

👆Ini artikel bagus nih! Ada semacam sesat pikir yang berkembang di masyarakat Indonesia (mungkin sebagian besar) yang menganggap semua pelaku kejahatan seksual anak itu adalah pedofil. Padahal tidak semua pelaku kejahatan seksual anak itu pedofil (orang dengan kelainan orientasi seksual yang tertarik dengan anak prapuber), dan tidak semua pedofil mengekspresikan dorongannya dengan melakukan kejahatan seksual anak.

 Intinya kekerasan seksual anak itu adalah tindakan kriminal yang bisa dilakukan oleh orang yang mungkin terlihat normal, dan enggak selalu pasti dilakukan oleh orang yg mengidap kelainan orientasi seksual pedofilia.

Pelaku bisa saja  orang yang sebenarnya enggak punya ketertarikan seksual sama anak kecil, tapi melampiaskan dorongan seksualnya ke anak kecil lebih karena faktor easy target: lemah dan gampang dimanipulasi. Apalagi kalau pengawasan orang tua atau lingkungan sekitarnya minim. Misalnya: anak dibiarkan main ke mana-mana dalam waktu lama tanpa diawasi.

 Faktanya, banyak pelaku kejahatan seksual anak itu orang terdekat korban: bisa keluarga atau tetangga, seperti kasus kejahatan seksual belasan hingga puluhan anak di Karanganyar dan Tapsel yg dua pelakunya ditangkap beberapa hari lalu.

Seperti kata bang napi: kejahatan tidak selalu terjadi karena ada niat pelakunya, tapi kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan!

 Mungkin awalnya pelaku mencoba melakukan sekali dan berhasil lolos. Besok-besoknya dia melakukan lagi dan lagi, dan jadi semakin jago memanfaatkan celah dan trik untuk memanipulasi anak atau merayu dan mendekati anak-anak yang ditarget jadi korbannya (grooming) 😭 Misalnya dengan diiming-imingi dikasih duit atau mainan, didekati dengan sering dipuji, diajak jalan ke tempat yg disenangi anak, dll. Yang bikin sedih, kasus di Tapsel dan Karanganyar, para pelaku mengaku mengiming-imingi anak duit Rp5.000-Rp10.000 😭.

Menurutku ini insight bagus yang perlu lebih banyak diangkat media, supaya semua orang lebih waspada dan selalu mengawasi anak-anak dengan lebih baik lagi–bukan hanya anak balita atau usia TK yang pastinya harus ekstra diawasi, tapi juga termasuk anak-anak yang mungkin sudah dianggap besar oleh orang tua, seperti anak usia SD. Misalnya jangan terlalu gampang mempercayakan anak dijaga atau ditemani hanya dengan satu atau dua orang tertentu, walaupun kita sudah kenal baik atau bahkan masih keluarga sekalipun (ini mungkin sedikit terkesan paranoid, tapi faktanya banyak pelaku justru orang terdekat atau orang yang familiar dengan korban)

 Di indonesia, anak-anak juga rentan jadi korban kejahatan seksual, selain karena faktor minim pengawasan, juga karena masih sangat minimnya kesadaran orang tua bahkan pendidik buat mengenalkan anak terhadap bagian-bagian tubuh pribadinya yang harus dijaga  (salah satunya karena isu terkait seksualitas sering dianggap tabu oleh banyak orang). Selain itu, di sini juga enggak banyak orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk mengenali situasi mengancam dan bagaimana cara menyelamatkan diri di situasi-situasi mengancam. 

Enggak bisa dipungkiri lagi, kejahatan seksual anak di Indonesia sudah benar-benar mengkhawatirkan! Beberapa hari belakangan sudah ada lagi berita kejahatan seksual anak di Tapsel dan Karanganyar, korbannya banyak: Di Tapsel 40an, di Karanganyar belasan. Pelaku mengaku sudah menjalankan aksi biadabnya selama bertahun-tahun (kok bisa!?) 😢 Parahnya lagi, pelaku melakukan aksinya di berbagai tempat yg enggak terduga dan mungkin bahkan dianggap aman, mulai dari di kebon, gudang, bahkan masjid! 😭

Dua kasus ini jadi bukti lagi bahwa perlindungan anak masih sangat minim di Indonesia.

 I hope we can do more to raise the awareness and to protect our children better.. 😥

Let’s spread the awareness!

===

Referensi infografis yang sempat viral, panduan untuk mencegah anak jadi korban kejahatan seksual

Menyikapi Perbedaan

 Aksi Damai 4-11 membuat gw merasa terharu, melihat banyak sekali muslim yg dengan tulus ikut turun dalam aksi 4-11  membela Islam. Ratusan ribu muslim memadati jalanan di jantung ibu kota, dari pagi, siang, berpanas-panas di bawah terik matahari, sampai matahari terbenam. Terlepas dari sebagian kecil massa yang menyuarakan hinaan dan ujaran kebencian, dengan sebanyak itu orang, massa aksi tetap bisa menjaga suasana tetap tertib hingga berjam-jam. Kerusuhan yg terjadi di malam hari, tetap ga mengurangi  respect gw pada ribuan muslim lainnya, yg hari itu tergerak untuk meluangkan waktu, tenaga dan materi buat berpartisipasi di aksi 4-11, meminta Ahok diadili karena dinilai menistai agama. 

Tapi, yang gw kecewa, di media sosial, whatsapp group, dll, mulai banyak orang Islam mencap saudara sebangsa dan sesama muslim sebagai munafik, kafir, dan kata-kata merendahkan lain, bahkan menganggap sebagai musuh yg mengancam, karena memilih meyakini tafsir berbeda dari ayat Al Maidah 51. Bukankah tugas kita sebagai manusia hanya mengingatkan dan hanya Allah yg mampu menilai dan menentukan dosa manusia? Sedangkan terhadap umat agama lain pun kita dianjurkan saling menghargai. Lalu kenapa terhadap sesama muslim yg sama-sama menyembah Tuhan yg sama dan meyakini Rasul yg sama, justru memupuk prasangka buruk dan berniat untuk memusuhi? Berprasangka mereka memiliki niat busuk pada agama dan menggeneralisir seolah mereka semua merasionalisasi kitab untuk kepentingan duniawi, jabatan, dll. Ketika ada teman berbeda yg mengunggah pendapat mereka yang berbeda, atau mengutip ulasan ulama yang memiliki penafsiran berbeda, langsung unshare.

Buat gw, yang gw tau manusia ga punya kekuatan dan juga hak untuk memaksakan keyakinan pada manusia lain. Keyakinan apapun, keyakinan pada Tuhan ataupun tafsir kitabnya. Kalaupun dipaksakan, siapa yang bisa menjamin ketulusannya?  Pada akhirnya, keyakinan itu hak masing-masing manusia, dan manusia itu sendirlah yg akan menanggung konsekuensinya, dosa ataupun pahala. Kita hanya bisa saling mengingatkan, dan ga punya kemampuan untuk menakar dosa-pahala pilihan yg dibuat manusia lain.

Gw pikir, yg sudah jelas, musuh bersama kita semua (siapapun dan apapun keyakinan kita) itu sama, yaitu pihak-pihak yg mendompleng aksi 411 untuk memecah belah bangsa demi keuntungan dan kepentingan mereka sendiri. Naudzubillah.

Semoga lebih banyak muslim yang mau berusaha menghargai perbedaan dan semoga Allah senantiasa meluruskan niat kita dalam setiap pilihan yang kita buat. Aamiin.

Paket Misterius di Kantor

Siang tadi, pas lagi di kantor, gw tiba2 ditelpon gojek. Kata abang gojeknya, dia udah sampe di Metro TV dan ada paket buat gw.. *Hmm, perasaan gw ga pesen olshop ke kantor..

Kata abang gojeknya, kl paketnya udah diterima, yg ngirim minta dikabarin. Lah, gw bilang ke dia, yg ngirim siapa aja gw ga tau. Sama abang gojek terus dikasih nomor kontak orang yg ngirim, namanya Putra (Putra siapee lagi).

Karena masih rapat, gw belum bisa ambil paketnya. Gw langsung sms orang yg ngirim dan nanya paket itu isinya apa, karena gw ga merasa pernah pesen. Sms balasan masuk, orangnya jawab,

“Itu dari Yos, soal isinya tanya sendiri kali ya hehe.”

Astagaa..gw udh khawatir dapet paket misterius, takut isinya bom Buku atau virus antrax (lebay), ternyata dapet surpris dari Suami yg lagi ke luar kota..Pas liat isinya..hikss..terharuuu..nahan-nahan aer mata selama liat-liat isinya.. (lebay, tapi beneran)

image

Makasii ya Mbii..happy anniversary Suamiygperasaangarumantistapibisasosweetjugaa 😘😘😘😘

image

image

image

Faith in Humanity Restored, The Cab Driver Story

image

A netizen once uploaded a photo of a cab driver, Pak Alex who put a photo of his youngest child on the steering wheel of his cab. When being asked bout it, Pak Alex said to the netizen that the photo gave him more motivation while working, driving the cab. He also told the netizen that his youngest child’s gonna have a birthday next week, and he’s planning on taking his child to KFC to treat him some meal on his child’s bday. The story of this cab driver soon went viral, lots of netizens reposting the story on social media.

Hearing about Pak Alex’s story, KFC management gave a lil surprise for Pak Alex Guess what? Yep, instead of treat them with KFC meal on Pak Alex’s lil kid’s birthday, they managed to throw a birthday party for Rangga, Pak Alex’s youngest child at KFC.. 😄  #thepowerofsocialmedia #faithinhumanityrestored

Selamat Memimpin Kami, Presiden Jokowi!

Terharu liat segitu besarnya antusiasme masyarakat menyambut Presiden Baru RI, Presiden Joko Widodo. Bukan cuma di Jakarta, orang berkumpul berkerumun bikin syukuran, mau ikut ngeliat langsung Presiden dan Wakil Presiden Baru mereka yg bakal keliling di Pawai Budaya. Acara syukuran rakyat juga digelar swadaya masyarakat di banyak daerah lain di penjuru tanah air..how cool is that? Kayanya hampir semua orang sependapat kalo fenomena euforia dan sambutan rakyat banyak yg semeriah ini menyambut Presiden baru, baru pertama kalinya terjadi di negeri ini.

Menurut gw, Presiden Jokowi, udah ngasi contoh yg bagus, kalo orang ga harus dari keluarga ningrat, selalu pake barang mewah, punya muka super cakep, berbusana necis trendy masa kini, berbahasa intelek, berlogat internesyenel condong ke barat-baratan buat dianggep dan disenengin sama orang lain. Dengan paras, penampilan ndeso sederhana apa adanya dan logat medok, berdiksi sederhana, dia bisa bikin banyak orang simpati dan disenengin bahkan mungkin dicinta banyak orang, with his virtues :’) Niat baik, ketulusan, kejujuran, kerja keras, kerja cerdas, integritas do count, kids.. This will give a good example to our materialistic-or prone to materialistic society and our future generations for sure. Thank you good sir, may God always guide your way 😀

Selamat memimpin kami lima tahun ke depan, Pak Presiden Jokowi dan Pak JK!

image

Jokowi Doodle I made last night, ga mirip si, yg penting usaha ya, ahaha